Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sabtu, 29 Juli 2017

Nutrisi Untuk Penyakit Stroke

Tips Nutrisi untuk Penyakit Stroke


Kebiasaan memakan makanan sehat dapat membantu Anda mengurangi tiga faktor risiko terkena stroke  seperti kadar kolesterol yang buruk, tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Diet tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Diet tinggi natrium dapat berkontribusi peningkatan tekanan darah, dan diet tinggi kalori dapat berkontribusi terhadap obesitas. Diet dengan lima atau lebih porsi buah dan sayuran per hari dapat mengurangi risiko stroke.

Rekomendasi dari American Heart Association (AHA) untuk diet sehat ini:

    - Makanan kaya sayuran dan buah-buahan.
    - makanan tinggi serat.
    - Makan ikan sedikitnya dua kali seminggu.
    - Batasi lemak jenuh. Menghindari minyak terhidrogenasi parsial.
    - Pilih daging tanpa lemak dan unggas, dan  tanpa menggunakan lemak jenuh.
    - Pilih produk susu rendah lemak.
    - Mengurangi minuman dan makanan dengan tambahan gula. 

AHA merekomendasikan tidak lebih dari setengah kalori diskresioner dari gula yang ditambahkan yang harus anda makan. Kebanyakan bagi perempuan kandungan kalori diskresioner tidak lebih dari 100 kalori dan tidak lebih dari 150 kalori untuk pria. Menyiapkan makanan dengan sedikit garam (natrium). AHA merekomendasikan mengkonsumsi kurang dari 1.500 mg natrium per hari. Siapkan resep makanan sehat di rumah. Cari lebih banyak sumber daya gizi

Dapatkan Kebutuhan Nutrisi Anda

Beberapa penderita stroke akan kehilangan nafsu makan. Dikarenakan, makan mungkin sesuatu hal yang sulit karena masalah menelan atau gerakan tangan yang terbatas. Dalam kasus apapun, berbicara dengan tim kesehatan Anda untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan adalah hal yang penting. 

Untuk meningkatkan nafsu makan penderita stroke, cobalah langkah berikut:
- Pilih makanan sehat dengan rasa kuat, seperti ikan, jeruk atau buah-buahan lainnya. Juga, rempah-rempah yang dapat menambah rasa pada makanan dan berfungsi sebagai pengganti untuk garam. 
- Pilih makanan yang berwarna-warni, makanan visual sangat menarik, seperti ikan, wortel dan sayuran hijau gelap. 
- Potong makanan menjadi potongan-potongan kecil untuk membuatnya lebih mudah untuk dikunyah. 
- Pilih yang bertekstur lembut, makanan lebih mudah dikunyah seperti,yoghurt, pisang, sereal gandum dan sup yang rendah kandungan natriumnya. 
- Jika anda mengalami kesulitan menelan, berbicaralah dengan ahli terapi bicara atau dokter. Kondisi ini dapat diobati. 
- Jika kondisi lengan atau tangan lemah, anda dapat mencoba peralatan makan yang bersifat adaptif. Beberapa jenis sendok garpu yang memiliki pegangan tebal yang mudah untuk menahan, dan  pisau yang memungkinkan untuk memotong makanan menggunakan satu tangan.

Mempermudah Pada Saat Makan
Ketika penderita stroke kehilangan nafsu makan mereka, pengasuh dapat membantu dengan:

    Memberi makanan kepada penderita stroke setiap hari.
    Pengaturan yang santai untuk makan.
    Menyrdiakan makanan yang penderita inginkan.
    Camilan sehat seperti makanan kecil setiap hari.
    Mengurangi gangguan selama makan.
    Mengamati setiap masalah penderita stroke ketika mengunyah atau menelan

Memasak untuk Kesehatan
Apa yang Anda makan dan bagaimana Anda mempersiapkan cara memasak dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Diet yang tepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan tekanan darah dan dapat membantu Anda merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi.

Kebiasaan Makan Makanan yang Bergizi
Bagi banyak penderita stroke, kehilangan nafsu makan adalah masalah yang umum. Ketika nafsu makan tidak ada, tantangan lain yang dapat membuat cara mendapatkan nutrisi yang tepat tampak seperti sebuah tugas berat. Tapi diet yang sehat merupakan bagian penting dari pemulihan, dan mengurangi risiko guna membantu penderita stroke lainnya.

Saat ini ada cara lain untuk mempermudah penderita stroke mendapatkan asupan nutrisi yang baik bagi tubuhnya yaitu dengan meminum Gluberry Collagen Drink. Minuman ini mengandung kolagen yang sangat baik bagi tubuh untuk regenerasi sel-sel dalam tubuh kita. Untuk lebih jelasnya apa itu Gluberry, anda bisa membacanya disini.

1 komentar:

  1. New Diet Taps into Pioneering Plan to Help Dieters Get Rid Of 12-23 Pounds in Only 21 Days!

    BalasHapus