Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kamis, 27 Desember 2012

Perbedaan Pemasaran dan Periklanan



Jika agan berfikir bahwa media pemasaran dan media periklanan merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan erat, mungkin inilah saatnya bagi agan untuk memulai memasarkan produk atau bisnis agan yang sedang menurun.

Agan tentu akan mengingat masa lalu yang buruk dimana banyak perusahaan atau pebisnis lain yang menawarkan suatu produk kepada agan dengan cara memborbardir dari segala penjuru, yang membuat agan frustasi dan hampir-hampir membuat agan ingin meninggalkan sesuatu yang sedang agan geluti.

TV, majalah, koran, dan kotak pesan di email agan dipenuhi dengan slogan “ Silahkan beli produk Kami sekarang juga “ yang membuat agan putus asa untuk mengambil uang tunai karena selalu ditawari untuk membeli dan membeli. Tetapi akan terasa berbeda tatkala produk yang agan tawarkan mulai mendekati yang namanya pemasaran.

Dalam hal ini, mungkin agan telah berkecimpung dalam media pemasaran, blogging, pembuatan artikel dan video sosial yang menurut agan tidak bekerja secara efektif bagi agan. Nah, alasan “tidak bekerja secara efektif” mungkin karena agan masih berkutat dalam bidang periklanan bukan dalam bidang pemasaran.

Mengapa hal ini terjadi? Jika agan beriklan, seolah-olah agan berteriak “ beli sekarang “ tanpa memperhatikan apa yang benar-benar pelanggan inginkan.  Mungkin pendekatan ini dapat bekerja tetapi konsumen atau pelanggan ingin lebih dari itu, mereka ingin dihargai, dirayu, dan dibujuk.

Seni Pemasaran
Saluran pemasaran saat ini yang sedang trend adalah media sosial, pembuatan video dan artikel serta blogging. Masing-masing disiplin keilmuan itu menawarkan keterlibatan konsumen, informasi yang bermanfaat, dan saran-saran yang efektif.

Konsumen atau para pelanggan menginginkan seolah-olah agan adalah sebuah perusahaan yang menghargai mereka dan bisnis mereka. Mereka tidak menginginkan agan datang hanya untuk mengambil uang mereka setelah itu agan menghilang seperti di telan bumi he he he... :D

Agan harus terlibat dengan mereka, berbicara dengan mereka, dan menawarkan informasi yang benar, agan harus responsif terhadap mereka dan umumnya sangat tertarik terhadap keinginan mereka. Sebab itulah mengapa agan harus memasarkan produk agan bukannya mengiklankannya.

Pemasaran adalah semua hal tentang bagaimana mengenal pelanggan dan mewajibkan untuk tertarik terhadap keinginan pelanggan, apa yang pelanggan suka dan tidak suka dan persiapkanlah suatu bentuk komunikasi untuk membangun hubungan dengan pelanggan, misalnya chatting.

Sumber : Sally Ormond

Tidak ada komentar:

Posting Komentar