Jika agan berfikir
bahwa media pemasaran dan media periklanan merupakan satu kesatuan yang saling
berhubungan erat, mungkin inilah saatnya bagi agan untuk memulai memasarkan
produk atau bisnis agan yang sedang menurun.
Agan tentu akan
mengingat masa lalu yang buruk dimana banyak perusahaan atau pebisnis lain yang
menawarkan suatu produk kepada agan dengan cara memborbardir dari segala
penjuru, yang membuat agan frustasi dan hampir-hampir membuat agan ingin
meninggalkan sesuatu yang sedang agan geluti.
TV, majalah, koran,
dan kotak pesan di email agan dipenuhi dengan slogan “ Silahkan beli produk
Kami sekarang juga “ yang membuat agan putus asa untuk mengambil uang tunai
karena selalu ditawari untuk membeli dan membeli. Tetapi akan terasa berbeda
tatkala produk yang agan tawarkan mulai mendekati yang namanya pemasaran.
Dalam hal ini, mungkin
agan telah berkecimpung dalam media pemasaran, blogging, pembuatan artikel dan
video sosial yang menurut agan tidak bekerja secara efektif bagi agan. Nah,
alasan “tidak bekerja secara efektif” mungkin karena agan masih berkutat dalam
bidang periklanan bukan dalam bidang pemasaran.
Mengapa hal ini
terjadi? Jika agan beriklan, seolah-olah agan berteriak “ beli sekarang “ tanpa
memperhatikan apa yang benar-benar pelanggan inginkan. Mungkin pendekatan ini dapat bekerja tetapi
konsumen atau pelanggan ingin lebih dari itu, mereka ingin dihargai, dirayu, dan
dibujuk.
Seni Pemasaran
Saluran pemasaran saat
ini yang sedang trend adalah media sosial, pembuatan video dan artikel serta
blogging. Masing-masing disiplin keilmuan itu menawarkan keterlibatan konsumen,
informasi yang bermanfaat, dan saran-saran yang efektif.
Konsumen atau para
pelanggan menginginkan seolah-olah agan adalah sebuah perusahaan yang
menghargai mereka dan bisnis mereka. Mereka tidak menginginkan agan datang
hanya untuk mengambil uang mereka setelah itu agan menghilang seperti di telan
bumi he he he... :D
Agan harus terlibat
dengan mereka, berbicara dengan mereka, dan menawarkan informasi yang benar,
agan harus responsif terhadap mereka dan umumnya sangat tertarik terhadap
keinginan mereka. Sebab itulah mengapa agan harus memasarkan produk agan
bukannya mengiklankannya.
Pemasaran adalah semua
hal tentang bagaimana mengenal pelanggan dan mewajibkan untuk tertarik terhadap
keinginan pelanggan, apa yang pelanggan suka dan tidak suka dan persiapkanlah
suatu bentuk komunikasi untuk membangun hubungan dengan pelanggan, misalnya
chatting.
Sumber : Sally Ormond
Tidak ada komentar:
Posting Komentar