Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sabtu, 17 Maret 2012

SEO vs SEM


SEO vs SEM
SEO dan SEM adalah dua istilah yang umum yang selalu dibicarakan oleh webmaster. Terkadang seolah-olah dua istilah itu digunakan secara bergantian. Tapi apakah ada perbedaannya?

SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Hal ini lebih mengacu pada apa yang Agan lakukan terhadap halaman website  Agan agar lebih search engine friendly. Sedangkan SEM itu sendiri singkatan dari Search Engine Marketing. Hal ini membentuk semacam istilah umum yang dapat merujuk kepada tindakan  yang Agan lakukan untuk mendapatkan halaman website Agan agar mempunyai peringkat tinggi pada search engine, dengan tujuan adanya tindakan optimasi dari mesin pencari tersebut untuk meminta link balik dengan mengirimkan URL Anda pada mesin pencari.

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya ketika Agan memutuskan untuk memakai jasa SEO atau jasa SEM. Jika perusahaan tidak menentukan layanan apa yang ditawarkan sebagai bagian dari "Paket SEM," maka jangan ragu untuk bertanya. Dan jangan menyerahkan uang sampai Agan mengetahuinya! Banyak perusahaan jasa SEO/SEM mungkin hanya mengirimkan URL website Agan ke beberapa search engine saja, padahal tindakan semacam itu Agan pun dapat melakukannya sendiri.

Bila mungkin, dapatkan daftar seach engine yang ada pada perusahaan tersebut dan pastikan mereka berencana untuk mengirimkannya ke Yahoo!, Google, dan search engine lainnya. Apakah mereka akan mengoptimalkan kata kunci situs Agan? Pastikan untuk menanyakan apakah mereka memasukkan META tag nya.

Akhir kata, apakah perusahaan tersebut menggunakan "SEO" atau "SEM" tidak masalah dan sebanyak apa layanan yang mereka tawarkan. Idealnya, SEM lebih berharga daripada SEO, karena didalam SEM sudah termasuk SEO serta strategi pemasaran lainnya. Carilah situs terkemuka, dan mintalah layanan tertentu yang mereka tawarkan. Agan dapat membuat keputusan antara mempergunakan SEO atau SEM, sehingga Agan benar-benar mendapatkan nilai terbaik untuk uang Agan.

Sumber: www.isnare.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar